Header Ads

test

5 Tips Atasi Kelas Gaduh

Info Guru SD~Seorang pendidik ketika mengajar di dalam kelas tentu kerap menemui kendala. Salah satu kendala yang sering dijumpai ialah anak didik dengan kelas yang gaduh. Mereka tak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh pendidik di depan kelas. Mereka sibuk sendiri. Biasanya mereka berbicara dengan teman atau sibuk bermain suatu permainan.

Untuk itu, seorang pendidik perlu memahami kakter anak dan teknik penanganan anak didik yang gaduh. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat mengatasi anak didik gaduh di kelas. Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat kepada pembaca Info Guru SD untuk mengatasi anak yang gaduh.

1. Fokuskan perhatian anak pada kita, minta agar mereka semua memperhatikan kita, mintalah anak untuk menyimpan benda yang tidak  berhubungan dengan materi pembelajaran di dalam tas. Lalu, minta anak menyiapkan buku pelajaran.

2. Cobalah untuk mencuri perhatian anak, bisa dengan cerita atau games menarik bagi anak didik. Misalnya : bertepuk tangan, tebak-tebakan, bernyanyi bersama, bercerita, kuis berhadiah dll.

3. Sajikan materi pembelajaran yang menarik bagi anak bisa dengan penggunaan media atau metode yang bervariatif,penggunaan intonasi suara yang bervariatif. Buatlah suasana yang menggembirakan anak saat menerima pelajaran. Jangan tegang saat mengajar, bawa suasana agar lebih santai.

4.Selipkan humor dikala mengajar. Percayalah bahwa anak-anak sangat meyenangi humor. Dapat pula dengan permainan tepuk, halo hai, dongeng, sulap dan lain-lain. Perbanyaklah refrensi humor, niscaya itu akan membuat anak lebih mempehatikan kita.

5. Hindari kata-kata Jangan. Misalnya : jangan ribut, jangan nakal, jangan bertengkar.  Cobalah untuk menyampaiakan  pesan yang ingin anda inginkan secara jelas. Misalnya : “bapak/ibu lebih senang jika Adi tenang” atau “Andi duduk!” ."Diam anak-anak!"

Semoga bermanfaat!


Daftar Pustaka :

http://edukasi.kompasiana.com/2013/07/06/13-tips-atasi-siswa-gaduh-di-dalam-kelas-574873.html

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkenan berkomentar